Dalam membuat sebuah aplikasi, terkadang kita perlu berpindah dari activity satu ke activity berikutnya dengan membawa data dari activity sebelumnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara berpindah dari satu activity ke activity yang lain dengan membawa data intent pada android studio dengan java.
Oke langsung saja kita mulai dengan dengan langkah langkah sebagai berikut :
1. Membuat Project Baru dengan Bahasa pemograman Java
Pertama buat lah project baru. pada tuturial ini kita akan membuat membuat sebuah projeck baru dengan nama "MoveActivity".
2. Membuat desain user interface
Buka activity_main.xml pada folder layout. dan tambahkan element sehingga menjadi seperti dibawah ini :
This file contains bidirectional Unicode text that may be interpreted or compiled differently than what appears below. To review, open the file in an editor that reveals hidden Unicode characters.
Learn more about bidirectional Unicode characters
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> | |
<RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" | |
xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto" | |
xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools" | |
android:layout_width="match_parent" | |
android:layout_height="match_parent" | |
android:gravity="center" | |
tools:context=".MainActivity"> | |
<TextView | |
android:id="@+id/tv_1" | |
android:layout_width="wrap_content" | |
android:layout_height="40dp" | |
android:gravity="center" | |
android:text="Move Activity" /> | |
<EditText | |
android:id="@+id/edt_1" | |
android:layout_width="100dp" | |
android:layout_height="40dp" | |
android:layout_toEndOf="@id/tv_1" /> | |
<Button | |
android:id="@+id/btn_move" | |
android:layout_width="wrap_content" | |
android:layout_height="wrap_content" | |
android:text="Move" | |
android:layout_toEndOf="@id/edt_1" | |
/> | |
</RelativeLayout> |
Klik kanan pada folder layout kemudian pilih "New" dan "Layout resource file " kemudian isi nama file dengan second_activity , kemudian tambahkan element sehingga file second_activity menjadi seperti dibawah ini.
This file contains bidirectional Unicode text that may be interpreted or compiled differently than what appears below. To review, open the file in an editor that reveals hidden Unicode characters.
Learn more about bidirectional Unicode characters
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> | |
<RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" | |
xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto" | |
xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools" | |
android:layout_width="match_parent" | |
android:layout_height="match_parent" | |
android:gravity="center" | |
tools:context=".MainActivity"> | |
<TextView | |
android:id="@+id/tv_second_1" | |
android:layout_width="wrap_content" | |
android:layout_height="40dp" | |
android:gravity="center" | |
android:text="Second Activity : " /> | |
<TextView | |
android:id="@+id/tv_second_2" | |
android:gravity="center" | |
android:layout_width="100dp" | |
android:layout_height="40dp" | |
android:layout_toEndOf="@id/tv_second_1" /> | |
</RelativeLayout> |
4. Ubah dan Tambahkan File Java
Buka file MainActivity di folder java, kemudian ubah file MainActivity menjadi seperti contoh dibawah ini.
This file contains bidirectional Unicode text that may be interpreted or compiled differently than what appears below. To review, open the file in an editor that reveals hidden Unicode characters.
Learn more about bidirectional Unicode characters
package com.nano.moveactivity; | |
import androidx.appcompat.app.AppCompatActivity; | |
import android.app.Activity; | |
import android.content.Intent; | |
import android.os.Bundle; | |
import android.util.Log; | |
import android.view.View; | |
import android.widget.Button; | |
import android.widget.EditText; | |
import android.widget.TextView; | |
public class MainActivity extends Activity { | |
EditText ed1; | |
@Override | |
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { | |
super.onCreate(savedInstanceState); | |
setContentView(R.layout.activity_main); | |
ed1 = findViewById(R.id.edt_1); | |
Button btn_move = findViewById(R.id.btn_move); | |
btn_move.setOnClickListener(btn_moveListener); | |
} | |
private final View.OnClickListener btn_moveListener = v -> { | |
Intent i = new Intent(getApplicationContext(), SecondActivity.class); | |
String data1 = ed1.getText().toString(); | |
Log.e("hey",data1); | |
i.putExtra("data", data1); | |
startActivity(i); | |
finish(); | |
}; | |
} |
Klik kanan pada folder java kemudian pilih "New" dan "Java File " kemudian isi nama file dengan SecondActivity , kemudian ubah file SecondActivity sehingga menjadi seperti dibawah ini.
This file contains bidirectional Unicode text that may be interpreted or compiled differently than what appears below. To review, open the file in an editor that reveals hidden Unicode characters.
Learn more about bidirectional Unicode characters
package com.nano.moveactivity; | |
import android.app.Activity; | |
import android.os.Bundle; | |
import android.util.Log; | |
import android.widget.TextView; | |
import androidx.appcompat.app.AppCompatActivity; | |
public class SecondActivity extends Activity { | |
@Override | |
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { | |
super.onCreate(savedInstanceState); | |
setContentView(R.layout.activity_second); | |
TextView tv_1=findViewById(R.id.tv_second_2); | |
String data2= getIntent().getStringExtra("data"); | |
Log.e("hey",data2); | |
tv_1.setText(data2); | |
} | |
} |
5. Ubah AndroidManifest XML
Tambahkan activity second_activity pada AndroidManifest.xml, sehingga menjadi seperti contoh dibawah ini
This file contains bidirectional Unicode text that may be interpreted or compiled differently than what appears below. To review, open the file in an editor that reveals hidden Unicode characters.
Learn more about bidirectional Unicode characters
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> | |
<manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" | |
package="com.nano.moveactivity"> | |
<application | |
android:allowBackup="true" | |
android:icon="@mipmap/ic_launcher" | |
android:label="@string/app_name" | |
android:roundIcon="@mipmap/ic_launcher_round" | |
android:supportsRtl="true" | |
android:theme="@style/Theme.MoveActivity"> | |
<activity | |
android:name=".MainActivity" | |
android:exported="true"> | |
<intent-filter> | |
<action android:name="android.intent.action.MAIN" /> | |
<category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" /> | |
</intent-filter> | |
</activity> | |
<activity | |
android:name=".SecondActivity" | |
/> | |
</application> | |
</manifest> |
6. Run Project
Jalankan project anda pada perangkat virtual atau perangkat real dengan mengeklik tombol "Run" pada menu bar. Jika tidak ada kesalahan maka hasilnya kurang lebih akan sama dengan gambar diatas.
No comments:
Post a Comment